ULAMA EKONOMI SYARIAH DAN KARYANYA

Kamis, 04 Februari 2010

MArilah kita melihat, menyimak dan menggali ilmu dari para pakar ekonomi syariah yang sejak jaman dahulu kala sudah menekuni dibidang ini. diantaranya adalah :
1. Syekh Muhammad Al-Ghazali, ulama dari Mesir, karyanya Al-Islam wa Al-Audha Al-Iqtishadiyah (Islam dan Kondisi Ekonomi Kontemporer)

2. DR. Abdul Qadir Audah, Ulama dari Mesir, karyanya adalah Al-Islam Al-Audha Al-Iqtishadiyah (Islam dan Kondisi Ekonomi Kontemporer)

3. Abul A'la Al-Maududi, Ulama dari Pakistan, Karyanya adalah Usus Al-Iqtishad Baen Al-Islam Wa Al-Nuzun Al-Muashirah (Dasar-dasar Ekonomi Antar Islam dan sistem-sistem Ekonomi modern).

4. Muhammad Baqir Al-Shadir, Ulama dari Irak, karyanya adalah Iqtishaduna (Ekonomi Kita). Buku ini merupakan seri kedua Konsep Islam yang beliau susun untuk berbagai aspek kehidupan

5. Abul Hasan Ali Al-Hasani Al-Nadawi, Ulama asal India, karyanya islam Dan MArxisme

6. DR. Yusuf Al-Qardhawi, Ulama dari Mesir dan Qatar, karyanya adalah Fiqhuz Zakat (Fiqih Zakat). Dalam buku tersebut beiau merekonstruksi kembali ruang permasalahan zakat, dengan menghadirkan teks-teks secara valid, dipadu dengan ijtihad konstekstual yang kuat, memaparkan pendapat-pendapat madzhab-madzhab klasik dan ijtihad-ijtihad ulama kontemporer. Dan buku ini salahsatu karya monumental dalam sejarah penulisan fikih modern. ia menciptakan dinamika baru dikalangan ulama islam dan meyakinkan masyarakat muslim bahwa fikih islam sebagaimana tabiatnya yang asli selalu mampu mengayomi perkembagan zaman.

Wallahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP