PENERBITAN BUKU EKONOMI SYARIAH, SELAMAT SUKSES!

Jumat, 12 Februari 2010

Penerbitan Buku

“Ekonomi, Keuangan, Manajemen dan Perbankan Syariah di Indonesia”

Penulis: G. Irwan Suryanto



Focus Group Bidang Perbankan dan Ekonomi Syariah Pengurus Pusat ISEI yang diketuai oleh Prof. Sofyan Safri Harahap pada bulan Maret 2009 telah menyelesaikan pencetakan dan penerbitan Buku “Ekonomi, Keuangan, Manajemen dan Perbankan Syariah di Indonesia” sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Call for Papers “Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia” yang diadakan pada Maret 2007.

Perkembangan disiplin ilmu tentunya akan menuntut setiap masyarakat, terutama kalangan akademisi dan praktisi, untuk berpikir kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang salah satunya dapat dilakukan melalui penelitian. Dari sisi kontributor buku tersebut, para pembaca akan dapat mengetahui betapa besarnya keinginan, motivasi dan juga komitmen para kontributor untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Berbagai sudut pandang kritis dan analisis berusaha ditampilkan oleh para kontributor. Berbagai konsep pemikiran yang konstruktif telah berhasil disumbangkan oleh para kontributor dalam proses pengkayaan wacana dan wawasan seputar persyariahan yang berguna bagi pemerintah, dunia usaha, akademisi, serta masyarakat umum.

Dari sudut pandang pengurus pusat ISEI, terbitnya buku ini, bukanlah suatu hal yang berlebihan apabila Focus Group Bidang Perbankan dan Ekonomi Syariah memperoleh penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya karena sangat aktif berperan dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Beberapa tahun silam, tepatnya tahun 2005, Focus Group ini juga turut berperan aktif dalam pelaksanaan ”The 6th International Conference on Islamic Economics and Finance” bekerjasama dengan Bank Indonesia, Islamic Research and Training Institute IDB, The International Association for Islamic Economics, serta Universitas Indonesia.

Sebuah buku yang berisikan kumpulan tulisan pemenang call for papers tersebut berusaha mengulas perkembangan dan analisa ekonomi syariah di Indonesia secara gamblang, dengan tetap mengedepankan pendekatan metodologi di dalamnya. Setiap analisis dilakukan secara akademis dan metodologis, setiap uraian dijabarkan secara komprehensif, dan setiap kealpaan dalam penulisan diakui untuk perubahan di masa yang akan datang.

Buku ini juga diharapkan menjadi pemacu lahirnya karya-karya ilmiah ekonomi keuangan syariah selanjutnya, sehingga bisa memperkaya referensi ekonomi keuangan syariah di Indonesia dan membantu para praktisi untuk mengembangkan ekonomi keuangan syariah. Buku yang dicetak terbatas ini akan dibagikan kepada kalanga terntentu dan seluruh pemenang call for papers serta akan di-display pada saat pelaksanaan Kongres ISEI XVII di The Hills Bukittinggi bulan Juli-Agustus 2009.

Sebagai organisasi profesi yang telah diberikan tanggung jawab dan tantangan yang besar oleh masyarakat dan pemerintah, semoga ISEI dapat terus meningkatkan peran sertanya sebagai rekanan aktif pemerintah dalam mewujudkan pembangunan ekonomi Indonesia menuju masyarakat yang adil dan makmur.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP