GEREJA ROMAWIPUN MELARANG RIBA

Senin, 08 Februari 2010

Perlu diketahui bahwa riba atau bunga adalah sebuah lembaga ekonomi yang sudah berumur tua sekali. Tidak kurang darip para filosof seperti Plato, Aristoteles, Cicero, seneaca dan plutarch menentang praktek bunga. bahkan Perjanjian lama maupun Perjanjian Barupun mengecam perbuatan RIBA.

Pada abad ke-4 Gereja Romawi melarang praktek bunga kepada para pendetanya. Dan pada tahun 1311Paus Clement V melarang praktek bunga secara mutlak. Dan Kitab suci Al-Quran secara telah melarang RIBa QS: 2; 275-279 dan QS. 3; 130.

Perbankan merupakan lembaga keuangan yang sangat vital dalam perekonomian masa kini dan islam tidak ingin menghapuskan lembaga keuangan yang sangat berguna ini. tapi ia memasukkan nilai-nilai moral kedalamnya sehingga sejalan dengan prinsip-prinsip syariat Islam.

Wallahu A'lam

MAJU TERUS MASYARAKAT EKONOMI SYARIAH..!

1 komentar:

abdi el barok 25 September 2012 pukul 21.24  

subhanallah manfaat bangt... kalo bisa untuk masalah greja romawi mlarang riba itu lebih di perpanjang penjelasanya, biar kami lebih paham dan apakah maksud nya sama mengapa larangan riba itu ada bagi para pendeta dengan hukum riba bagi kita umat muslim?? trm

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP